Senin, 01 Oktober 2012

ORGANISASI DAN CONTOH


1. PENGERTIAN ORGANISASI?
2. CONTOH ORGANISASI DI LINGKUNGAN RUMAH, KAMPUS BESERTA TUJUANNYA? DAN DALAM ORGANISASI SUMBER DAYA APA YANG DIHASILKAN?

PENDAHULUAN


Tujuan dengan pengetahuan mengenai organisasi adalah untuk membentuk suatu tim kerja atau aktivitas tertentu. Organisasi identik dengan sekelompok individu yang terstruktur dan sistematis yang berada dalam sebuah system. Siapapun memerlukan pengalaman dari organisasi, dikarenakan manusia adalah makhluk social yang dimana membutuhkan interaksi dengan yang lainnya. Dengan bekerja sama dengan orang lain, maka pekerjaan akan terasa lebih ringan dan juga akan lebih cepat terselesaikan dibandingkan bekerja sendirian. Kemampuan berorganisasi tidak dapat dipelajari hanya dengan membaca teori buku atau makalah, akan tetapi kemampuan organisasi akan lebih terbentuk dan terasah dengan sendirinya jika langsung terjun dalam suatu organisasi. seseorang yang telah berpengalaman dalam organisasi yang diikutinya akan mempunyai wawasan yang luas tentang bagaimana cara menjalankan suatu organisasi.


PEMBAHASAN

Pengertian Organisasi Secara Umum
Secara umum, organisasi diartikan sebagai suatu sistem yang terdiri dari sekelompok individu dalam pembagian kerja, dengan untuk mencapai tujuan yang telah disepakati bersama. dalam definisi ini, organisasi mempunyai syarat-syarat tertentu, yaitu:
- adanya struktur atau jenjang jabatan
- adanya pembagian kerja


Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli
Stoner mengatakan bahwa, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang yang berada dibawah pengawasan dan pengarahan untuk tujuan yang sama. 
Stephen P. Robbins, organisasi merupakan kesatuan sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diindetifikasikan dan bekerja atas dasar yang relatif terus-menerus untuk mencapai tujuan bersama. 

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi dengan tujuan yang sama. organisasi dianggap baik adalah organisasi yang dapay diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran. perasaan yang menyatu di organisasi akan membuat organisasi tersebut menjadi semakin kokoh. Organisasi sebaiknya tidak hanya bertumpu pada jabatan struktual saja, tetapi harus melihat aspek lainnya. Misalnya seperti komitmen dan semangat setiap individu dalam mencapai tujuan dari organisasi yang telah ditetapkan sejak awal.


- Organisasi di Lingkungan Rumah 
Organisasi bagi masyarakat lingukangan rumah, kebanyakan orang menganggap organisasi adalah suatu kumpulan individu yang didalamnya terdapat susunan ketua, wakil, sekertarus, dll, dan organisasi dibuat untuk membicarakan permasalah yang ada didaerah tempat tinggal dan mencari solusi permasalahan.

Rukun Tangga(RT), tujuan dari pembentukan organisasi ini adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. seperti pembuatan KTP atau administratif lainnya. 
Badan Permusyawaraan Desa(BPD), adalah sebuah lembaga yang dibentuk untuk membangun pengaturan. Tugasnya membuat dan melaksanakan peraturan desa, menyusun anggaran pendapatan desa, dan menampung aspirasi warga. 
Karang Taruna, adalah organisasi para pemuda atau remaja yang ada di lingkungan rumah. berfungsi sebagai wadah pembinaan para pemuda desa atau kelurahan tersebut. Tugas utamanya adalah berkaitan dengan kegiatan positif, seperti kesenian, olahraga, bakti sosial, dan lain-lain. 

- Organisasi di Kampus 
Organisasi dikampus adalah organisasi mahasiswa yang memiliki kedudukan resmi di lingkungan kampus dan mendapat pendanaan kegiatan kemahasiswaan dari pengelola perguruan tinggi. Para aktivis organisasi mahasiswa intrakampus pada umumnya juga berasal dari kader-kader organisasi ekstrakampus ataupun aktivis-aktivis independen yang berasal dari berbagai kelompok studi atau kelompok kegiatan lainnya. Saat pemilu mahasiswa untuk memilih pemimpin senat mahasiswa, pertarungan antar organisasi ekstrakampus sangat terasa. 

Pada Organisasi kampus, terdapat dewan mahasiswa dan majelis mahasiswa. Dewan mahasiswa berfungsi sebagai lembaga eksekutif, sedangkan yang menjalankan fungsi legislatifnya adalah majelis mahasiswa. 

(BEM) badan eksekitif mahasiswa ialah lembaga kemahasiswaan yang menjalankan organisasi serupa pemerintahan (lembaga eksekutif). Dipimpin oleh ketua/presiden BEM yang dipilih melalui pemilu mahasiswa setiap tahunnya. Di beberapa kampus masih digunakan nama senat mahasiswa (SM). (HS) Himpunan Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa intrakampus yang terdapat pada jurusan keilmuan dalam lingkup fakultas tertentu. Umumnya bersifat otonom dalam kaitannya dengan organisasi mahasiswa di tingkat fakultas seperti senat mahasiswa dan badan eksekutif mahasiswa. Kegiatan himpunan mahasiswa jurusan umumnya dalam konteks keilmuan, penalaran dan pengembangan profesionalisme.


KESIMPULAN

Oleh karena itu, dimanapun dibutuhkanlah organisasi yang berguna untuk menamung dan melatih kemampuan berorganisasi. Bila kita ingin mendirikan sebuah organisasi yang mempunyai target yang umum, lebaik baik tujuan digambarkan secara umu diawal berdirinya suatu organisasi. Karena organisasi selalu berhubungan dengan masyarakat. Kemampuan organisasi bisa diberikan kepada seseorang mulai dari anak-anak, dengan cara berperan aktif dalam sebuah kegiatan atau organisasi kesiswaan seperti pramuka maupun osis. Bila pemahaman organisasi salah, maka akan berdampak fatal bagi yang menjalankan organisasi tersebut mapun penerima dari organisasi tersebut. Dalam hal ini pemimpin pun sangat berpengaruh dalam hal organisasi, bila dimana pemimpin tersebut tidak dapat mengerjakan tugasnya dengan baik, makan organisasi yang dijalankan akan tidak sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.





sumber: http://www.anneahira.com/pengertian-organisasi.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_mahasiswa_di_Indonesia

http://ndyacha.blogspot.com/2012/02/contoh-organisasi-di-lingkungan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar